Home Ekstra di Sekolah Current Users Belajar Silat

Jumlah pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday36
mod_vvisit_counterYesterday187
mod_vvisit_counterThis week36
mod_vvisit_counterLast week581
mod_vvisit_counterThis month1299
mod_vvisit_counterLast month3311
mod_vvisit_counterAll days323246

We have: 1 guests online
Your IP: 54.161.133.166
 , 
Today: Sep 21, 2014



Belajar Silat PDF Print E-mail

Hai teman teman mari isi hari kita dengan latihan Silat untukk menjaga diri kita dari segala kemungkinan yang tidak diharapkan. Minimal ada 5 manfaat latihan Silat,
Berikut beberapa manfaat berlatih beladiri Silat Perisasi Diri diantaranya :

Olahraga Prestasi

Dengan menekuni secara serius maka dimungkinkan akan mencapai prestasi puncak, untuk pelajar sudah ada wadah untuk mengukir prestasi yaitu dengan mengikuti kejuaraan silat antar pelajar atau lebih dikenal dengan nama Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) hingga sampai pada Pekan Oahraga Pelajar Nasional (POPNAS). Beberapa anggota PD Pekanbaru yang pernah berprestasi adalah Yulia Syafnita, Nelmayati, Ika Solina, Dwi Gusrima Wijayanti, sedangkan yang pernah mencicipi indahnya prestasi di luar negeri adalah Ariyanto, Deni Rio, Arizano juara di Singapore dan Malaysia. Kesemua pesilat tadi hasil gemblengan Drs. Wibowo Dengan belajar yang serius maka gerakan yang cepat nan efisien dapat dipakai untuk beladiri.

Beladiri,
Jelas sekali bahwa Silat PD adalah organisasi sosial Beladiri. Maka wajar kalau dengan bergabung dengan PD maka secara otomatis kita akan dapat mempelajari teknik-teknik (jurus) beladiri Silat. Dengan teknik yang benar maka gerakan akan halus dan efisien untuk itu tentu dapat digunakan sebagai andalan Beladiri. Beladiri sangat penting di era modern ini mengingat banyak kejahatan disekitar kita. Ilmu bela diri PD dianjurkan dipakai kalau sangat terdesak sekali. Dengan mengolah jiwa dan raga maka akan menuju keseimbangan hidup yang prima. Kesempurnaan teknik, kemampuan memahami bahasa implisit, kemampuan mengendalikan diri maka akan menuju manusia yang paripurna.

Teknik silat penting, tapi tidak memahami falsafah dan bahasa2 implisit, akan menjadikan silat PD sebagai olah raga saja, bukan ilmu paripurna yg mengolah jiwa dan raga.

Kepercayaan diri

Inilah manfaat ketiga, silat Perisasi Diri memberikan pelatihan tidak hanya ilmu membela diri saja namun menghargai orang lain adalah sangat perlu. Ketika seseorang melakukan kegiatan apa saja dalam masyarakat (sosial) maka seseorang perlu mempunyai kepercayaan diri. Kepercayaan diri dapat dipupuk dengan pelatihan di Perisasi Diri dengan metodenya serang hindar. Dengan menguasi serang hindar maka seseorang kan yakin pada dirinya bahwa dapat mengindari suatu serangan yang membahayakan dirinya.

Manfaat ke empat adalah Olahraga kesehatan, dengan berlatih secara metodis maka otot-otot semakain kuat dan mampu bergerak dengan baik dalam waktu yang lama. Jantung, paru-paru, juga akan dalam kondisi normal karena sering dilatih. Dengan berlatih maka pembakaran lemak akan berjalan dengan baik hingga akhirnya badan menjadi sehat (bugar).
Manfaat ke Lima adalah berlatih berorganisasi, karena silat Perisasi Diri adalah organisasi beladiri dan sudah berkembang hingga ke Eropa bahkan semua benua di dunia ini. Maka sudah wajar kalau sebuah organisasi besar tentu ada aturan mainnya dan aturan main itu harus dipatuhi oleh semua anggotanya. Dengan adanya aturan itulah secara tak langsung mengajari anggotanya tahu bagimana cara berorganisasi yang baik. Dalam berorganisasi secara langsung mempunyai teman, relasi yang banyak.

Bagi anda yang mendownload/copy  artikel harap menyertakan sumber http://perisaidiripekanbaru.com/. Sesuai dengan UU yang berlaku.


Di tulis oleh Wibowo. 24 Nopember 2009